SEMINAR NASIONAL PENULISAN KARYA ILMIAH KEPERAWATAN

Perawat yang bekerja di bidang pelayanan, selain diperlukan kemampuan dalam melayani klien, juga diperlukan kemampuan menulis karya ilmiah. Hal ini sejalan dengan permenpan no. 25 tahun 2014 tentang jabatan fungsional perawat, dimana perawat yang akan naik ke golongan III b ke atas diwajibkan untuk mendapatkan nilai dari unsur pengembangan profesi. Nilai dari unsur pengembangan profesi didapatkan dari pembuatan karya tulis ilmiah, penelitian, penyaduran/ penerjemahan, penyusunan pedoman/ juklak/ juknis serta teknologi tepat guna dalam bidang keperawatan. Lima kegiatan tersebut akan dapat dilakukan perawat bila perawat tersebut mempunyai kemampuan dalam hal penulisan karya ilmiah keperawatan.
Selain itu kebijakan dari PPNI tentang re-registrasi/ perpanjangan STR juga menuntut seorang perawat untuk mampu menulis ilmiah. Pada kebijakan tersebut dijelaskan bahwa seorang perawat dapat memperpanjang STR apabila dapat mengumpulkan nilai 25 SKP selama 5 tahun. Nilai SKP tersebut didapat dari 4 unsur yaitu praktik pelayanan, kegiatan ilmiah, pengembangan ilmu dan pengabdian masyarakat. Perawat akan mendapatkan nilai pada unsur pengembangan ilmu apabila melakukan kegiatan penelitian, publikasi jurnal serta presentasi oral. Ketiga kegiatan tersebut akan dapat dilakukan bila perawat mempunyai kemampuan dalam hal penulisan ilmiah.
Berdasarkan latar belakang tersebut maka PPNI DPK RSUD Dr. Moewardi mengadakan kegiatan seminar dengan tema penulisan karya ilmiah keperawatan yang dilaksanakan pada hari minggu, 15 Januari 2017 bertempat di Ruang Sekar Jagad Gedung Wijaya Kusuma RSUD Dr. Moewardi. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 15.00. Kegiatan diawali dengan laporan ketua panitia penyelenggara yaitu Bpk. Ari setyajati, S.Kep,Ns,M.Kes, sambutan dari ketua PPNI DPD Kota Surakarta Bpk. Suminanto, S.Kep,Ns, sambutan dari Direktur RSUD Dr. Moewardi yang diwakili oleh kepala bidang pelayanan keperawatan, drg. Ida Witiasati, M. Kes sekaligus membuka acara secara resmi.
Kegiatan seminar ini dengan mengundang dua pembicara yang kompeten di bidangnya yaitu Ibu Ariyani, S.Kep,Ns,M.Kes dari bidang penelitian PPNI DPD Kota Surakarta dan Ibu Elsi Dwi Hapsari, S.Kp,M.S.D.S dari bidang penelitian PPNI DPP Jakarta. Pada seminar ini Ibu Ariyani memaparkan materi tentang bagaimana menumbuhkan minat menulis pada perawat sedangkan Ibu Elsi memaparkan materi tentang penulisan karya tulis ilmiah, publikasi jurnal, penelitian, penyaduran/ penerjemahan, penulisan pedoman/ juklak/ juknis serta teknologi tepat guna dalam bidang keperawatan.
Kegiatan seminar ini disambut antusias oleh kalangan perawat yang bekerja di pelayanan, baik dari puskesmas mapun RS. Hal ini terbukti dari jumlah peserta seminar yang mencapai 480 peserta yang berasal dari puskesmas atau RS di berbagai daerah di Jawa Tengah, bahkan terdapat dua peserta yang berasal dari Kalimantan Tengah.
Setelah kegiatan seminar ini diharapkan peserta seminar dapat menumbuhkan minat menulis, meningkatkan minat membaca serta mencoba memulai untuk menulis. Karena menulis itu dapat dilakukan oleh semua orang jika minat menulis, banyak membaca dan mencoba menulis. Mari kita buktikan bahwa perawat di pelayanan tidak hanya bisa memberikan pelayanan kepada pasien tapi juga handal dalam menulis suatu karya ilmiah keperawatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


*